Salah satu usaha yang saya jalani adalah jasa pembuatan undangan. Seperti yang diketahui bahwa undangan yang telah jadi pasti akan dibagikan pada setiap orang, tidak terbayangkan bila orang yang akan diundang (dalam jumlah banyak) itu di tulis tangan satu persatu, tentunya akan memakan waktu dan melelahkan.
Peran memanfaatkan teknologi komputer-pun digunakan, pada Microsoft Office Words terdapat fasilitas yang disebut Mail Merge. Dengan Mail Merge inilah saya membuat daftar nama yang akan diundang dan mencetak-nya melalui kertas label undangan, dengan menggunakan database pada MS Excel.
Supaya tidak bingung dalam teori, langsung saja di praktek-kan. Saya menggunakan Microsoft Office 2016:
- Buat daftar database nama yang akan di undang pada MS Excell, kemudian save dan tutup aplikasi MS Excel.
- Buat format dalam MS Words menggunakan text-box, ukuran dan format disesuaikan dengan kertas yang akan digunakan, disini saya menggunakan kertas label tempel buat undangan.
- Pada MS Words masuk pada menu Mailling-Select Recepients-Use an Exiting List.
- Pilih database dokument excel yang telah dibuat tadi.
- Pada menu Mailling, pilih insert merge fields dan masukan nama 1 sampai nama 12 sesuai dengan format yang tersedia.
Setelah Database Nama Dimasukan |
- Bila telah selesai klik tombol preview result.
Tombol Priview |
Hasil Print |
Kelebihan dari penggunaan Mail Merge ini adalah kita cukup membuat satu format baku dalam MS Word, maka daftar nama yang sudah diinput dalam MS Excel akan tampil secara otomatis.
Selanjutnya bila ingin merubah nama penerima undangan, kita tinggal mengubah daftar nama dalam database MS Excel dan print menggunakan format MS Word.
Fasilitas Mail Merge ini bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya, seperti membuat ID Card, Voucher dan yang lainnya.
Selamat mencoba.
Salam...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar